Mohon maaf, blog ini sedang dalam perbaikan. by : Administrator Masjid Raya Jatimulya

Pages

Wednesday 9 January 2013

KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH)





KBIH Masjid Raya Jatimulya berdiri atas prakarsa Masyarakat, Yayasan Persatuan Jatimulya dan Dewan Kemakmuran Masjid Raya Jatimulya sebagai jawaban tuntutan dan kebutuhan masyarakat agar dibentuk satu wadah bagi masyarakat yang akan menunaikan rukun Islam yang kelima (Ibadah Haji). Pada tahun 2002 atas prakarsa beberapa tokoh masyarakat dan Yayasan Persatuan Jatimulya bersepakat untuk mengadakan walimatusyafar secara bersamaan di Masjid Raya Jatimulya. Dari acara tersebut mengkristal ide untuk mendirikan KBIH di Masjid Raya Jatimulya.


Pada tahun 2003 atas inisiatif yayasan dan tokoh dibentuklah KBIH Masjid Raya Jatimulya dan sekaligus merekomendasikan untuk mengurus izin operasional ke Departemen Agama. Berkat perjuangan tersebut keluarlah izin operasional No. KW.10.3/3/Hj.01/3175/2009. 

Kemudian pada tahun 2011 KBIH memperluas sasarannya dengan mewadahi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah. Dalam tahun 2011 KBIH telah memberangkatkan jamaah umrah sebanyak 8 (delapan) orang  dan yang sudah terdaftar untuk tahun 2012 dan seterusnya sebanyak 17 orang.

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

Visi:  
          Terbimbing dan terwujudnya jama’ah calon haji yang dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan manasik yang benar sehingga diperoleh haji yang maqbul/mabrur sejak pelatihan sampai pelaksanaannya di tanah suci dan setelah pulang ke tanah air.


Misi :

        1. Sebagai mitra kerja Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan dan bimbingan manasik haji kepada jama’ah calon haji. 
        2. Memberikan pembinaan dan bimbingan kepada jama’ah calon haji dalam rangka menjalankan manasik mulai dari tanah air sampai selesainya ibadah haji di tanah suci hingga kembali ketanah air. 
        3.  Memberikan pelayanan dan kemudahan kepada para jama’ah calon haji sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.
        4.  Menunjang kegiatan Yayasan Persatuan Jatimulya.


Tujuan :

a.    Membantu tugas pemerintah c/q Kementerian Agama dalam memberikan bimbingan teknis dan operasional kepada jama’ah calon haji dalam memahami serta mengamalkan manasik sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah.
b.    Sebagai wadah dalam ajang perealisasian terhadap salah satu kewajiban yang diamanahkan Allah SWT, kepada setiap manusia yaitu “berdakwah”. Sebagai seorang muslim berdakwah hukumnya adalah fardlu ‘ain bagi setiap orang, yaitu bagi orang-orang yang mumpuni di dalam masalah ilmu agama baik banyak maupun sedikit kemampuan yang dia miliki.

Sebagai mana firman Allah SWT, QS. Ali ‘Imraan : 104.

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةُُ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلاَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ{104}
Artinya:

“Dan hendaklah diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang yang beruntung”. (QS. Ali ‘Imraan : 104)
c.    Saling tolong menolong, sesuatu yang tidak bisa dielakkan lagi dan ini sudah menjadi takdir yang Maha Kuasa Allah SWT, adalah menciptakan manusia makhluk sosial dengan dikaruniakannya berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga manusia tidak mungkin bisa hidup sendirian.

d.    Berikhtiar membantu ummat menuju title haji maqbul dan mabrur 
Motto KBIH Masjid Raya Jatimulya : 

Dari Ummat, Melayani Ummat, Bersama Ummat, untuk Mencapai Haji yang Mabrur

Pelayanan KBIH

a.  Melayani dan membantu masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji,  mulai dari pendaftaran, pemberangkatan sampai kepulangan ke tanah air.
b.   Mengadakan manasik haji.
c.   Menyediakan pembimbing haji pada setiap angkatan.
d.   Melayani dan membantu masyarakat yang ingin menunaikan ibah Umroh.


 Daftar Pembimbing Jamaah KBIH Masjid Raya Jatimulya  


No.
Tahun
nama pembimbing
1.
2012
-   Bp. KH. Mustafa Khusairi
-   Bp. H. Solikhun MW
2.
2013
-   Bp. KH. Mustafa Khusairi
-   Bp. H. Suratman
3.
2014
-   Bp. H. Solikhun MW
-   Bp. Anwar Haryono
4.
2015
-   Bp. KH. Mustafa Khusairi
-   Bp. H. Moch. Mansur
5.
2016
-   Bp. KH. Mustafa Khusairi
-   Bp. H. Solikhun MW
6.
2017
-    Bp. KH. Mustafa Khusairi
-   Bp. Anwar Haryono
7.
2018
-    Bp. H. Solpkhin MW
-     Ibu Hj. Umiyah Mansur
8.
2019
-     Bp. H. Fauzi Mukhlas
-     Ibu Dedeh Jubaedah


Jumlah Jama’ah Haji KBIH
·         Tahun 2010 sebanyak 69 orang
·         Tahun 2011 sebanyak 85 orang
·         Tahun 2012 sebanyak 101 orang
·         Tahun 2013 dan seterusnya 247 orang.

Jumlah Jama’ah Umrah KBIH
·         Tahun 2011 sebanyak   8 orang.
·         Tahun 2012 sebanyak 17 orang.





 

1 comments:

Saya pengen daft umroh brp duit mohon sebelumnya BP haji?

Post a Comment